Kamis, 12 Mei 2011

rahasia meteor

             Di Balik Batu Meteor Tersimpan Keindahan  

Sufiani Tanjung dan Teguh Priantoro

, Jakarta: Keindahan dan keeksotisan urat batu alami menjadi daya tarik batu satam. Warga Pulau Belitung pun menjadikannya perhiasan. 


Batu satam memang belum banyak dikenal sebagai salah satu perhiasan berharga. Batu hitam ini diperkirakan berasal dari luar angkasa, yaitu dari pecahan meteor yang jatuh ke bumi ratusan ribu tahun lalu. Dan Pulau Belitung menjadi salah satu lokasi yang punya batu satam melimpah.

"Batu satam satu-satunya di dunia dan kita punya berbagai ragam batu satam. Satu satam itu punya karakter yang berbeda-beda," kata Adit, pengrajin batu satam, dalam pameran perhiasan ASEAN di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (7/5).

Berbeda dengan kilauan berlian dan pesona emas yang berwarna kekuningan, batu satam mampu menarik perhatian para penyuka perhiasan. Harga batu satam bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Selain batu satam, pameran yang digelar hingga 8 Mei ini juga menampilkan beragam perhiasan hasil pengrajin di berbagai negara anggota ASEAN. Mulai dari berlian, batu alam aneka warna, hingga emas batangan bisa Anda temui disini.(BOG)

0 komentar:

Posting Komentar