Jumat, 22 Oktober 2010

China Saingi Google Earth (perang teknologi antara cina dan amerika)

China Saingi Google Earth

Jum'at, 22 Oktober 2010 - 14:46 wib

BEIJING - China secara resmi meluncurkan layanan peta online sendiri untuk menyaingi layanan Google Earth. Layanan Map World ini dibuat khusus oleh pemerintah China dan dapat diakses oleh pengguna internet secara gratis.

Selain digratiskan, Map World ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan gambar dalam bentuk dua dan tiga dimensi di seluruh dunia.

"Dalam waktu dekat, Map World akan tumbuh menjadi merek terkenal China untuk layanan peta online dengan keandalan yang telah terbukti," kata Xu Deming, direktur Biro Survei dan Pemetaan China, seperti dikutip AFP, Jumat (22/10/2010).

Pengembangan teknologi peta digital ini pada tahap awal akan dimasukan ke dalam situs www.tianditu.cn dan www.chinaonmap.cn. Update data Layanan ini diharapkan akan dilakukan dua kali setahun.

Bila dibandingkan dengan Google Earth memang layanan ini masih jauh. Pasalnya update Google Earth dilakukan setiap beberapa menit.

Layanan Google Earth di China diketahui sudah ditinggalkan dan tak bisa diakses setelah pemerintah memperkenalkan peraturan baru pada bulan Mei yang mewajibkan semua perusahaan yang akan menyediakan peta digital layanan wajib mendapat persetujuan dari negara.

Google hingga saat ini belum mengajukan lisensi ke pemerintah China untuk membuka layanan Google Earth.

0 komentar:

Posting Komentar